ASPPIN Sleman Belajar Pengasapan Ikan di Desa Dermasandi

Slawi, – Asosiasi Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (ASPPIN) Kabupaten Sleman Sabtu (2/1) lalu berkunjung ke usaha pemanggangan/pengasapan ikan di Desa Dermasandi Kecamatan PangkahKabupaten Tegal.

Rombongan yang dipimpin ketua ASPPIN Wartiyem mengunjungi Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (Poklahsar) Kuda Laut, yang merupakan Poklahsar yang berusaha di bidang pengolahan ikan khususnya pengasapan ikan. Dalam kunjungan tersebut, mereka didampingi Ganepi Nasution Kepala Seksi Bina Usaha Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Pertanian Kabupaten Sleman.

“Kunjungan yang dilaksanakan hari ini, dalam rangka bersilaturrahim dan menimba ilmu di tempat usaha pemanggangan/pengasapan ikan yang ada di Kabupaten Tegal” Tutur Wartiyem.

Turut dalam kunjungan itu 30 orang Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan Kabupaten Sleman. Acara kunjungan dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal yang diwakili oleh Kasi Pengolahan Hasil Perikanan Ir. Pratiwi Sulistyawati.

Selain berkunjung ke Poklahsar Kuda Laut, rombongan juga berkunjung ke Poklahsar Mina Sejahtera, penerima bantuan Percontohan Cerobong Asap dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal Tahun 2019. Dengan sedikit sentuhan teknologi cerobong asap tersebut, proses pengasapan lebih aman untuk pengolah karena asap yang dihasilkan langsung terbuang keluar sehingga tidak menimbulkan polusi di dalam area pengolahan dan lebih aman untuk kesehatan pengolah.

Acara dilanjutkan dengan paparan profil Poklahsar Kuda Laut oleh Gabungan Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Gapokkan) H. Samsudin.

Di Poklahsar Kuda Laut mereka belajar keberagaman produk serta cara pengolahan ikan yang dilakukan oleh warga Desa Dermasandi Kecamatan Pangkah. Pengasapan ikan yang ada di Desa Dermasandi saat ini juga sudah ada yang menggunakan asap cair, hasil Diseminasi Teknologi Perikanan di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:  Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan, Menteri Susi Resmikan Program “AISUMAKI”

Sementara itu di tempat lain, Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal Toto Subandriyo menjelaskan ada banyak produk pengolahan ikan di Dermasandi.

“Produk olahan ikan antara lain ikan pindang (salem,tongkol, teri jawa, teri nasi), ikan panggang (salem, larak, cucut,tongkol) serta bandeng presto banyak terdapat di Kab. Tegal terutama di Desa Dermasandi” jelas Toto.

Selain belajar di Poklahsar Kuda Laut, ASPPIN dari Sleman juga berkunjung ke tempat lain. Diantaranya sentra kerupuk mie di Desa Harjosari Kecamatan Adiwerna dan sentra produksi pilus di Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna. – M. Hadi Busyro

Scroll to Top