Bupati Tegal Kunjungi “MINAPADI” dan “LELAKI”

Slawi, 31 Desember 2019, Bupati Tegal Ibu Umi Azizah, melakukan kunjungan monitoring kegiatan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan ke Desa Dukuh Tengah dan Desa Kajenengan, Kecamatan Bojong. Kunjungan ini untuk melihat progres Percontohan Budidaya Lele Lahan Kering (Lelaki) di Pokdakan “Raja Patil” Desa Dukuh Tengah dan percontohan Budidaya Minapadi di Pokdakan “Mina Lestari” Desa Kajenengan. Umi berharap, baik budidaya Minapadi maupun budidaya Lelaki bisa ditularkan ke warga yang lain. Nantinya akan dibuat klaster Minapadi agar konsumen lebih mudah mencari.

Pada tahun 2019, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal terdapat beberapa Kegiatan Unggulan diantaranya Percontohan Budidaya Minapadi dan Percontohan Budidaya Lele Lahan Kering (LELAKI). Percontohan Budidaya Minapadi yang dilaksanakan di Desa Kajengan dengan luas lahan sawah 1.000 m2 dengan padat tebar 20.000 ekor ikan nila. Untuk program LELAKI yang dilaksanakan di Desa Dukuh Tengah terdapat dua kolam dengan penebaran 1.500 ekor lele per Kolam. Dari percontohan ini rata-rata per kolam mendapatkan hasil 100 kg.

Program pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten Tegal dan dapat berdampak langsung pada peningkatan pendapatan masyarakat Kabupaten Tegal.- M. Hadi Busyro

BACA JUGA:  Tim Kementan dan Satgas Pangan Telusuri Penyebab Besarnya Disparitas Harga Ayam
Scroll to Top