Bupati Tegal tilik Balai Benih Ikan (BBI) Dukuhjati Kidul, Pangkah

Slawi, – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal memiliki terobosan baru terkait pengembangan UPTD Balai Benih Ikan (BBI) yang terletak di Desa Dukuhjati Kidul Kecamatan Pangkah, yaitu adanya tempat pemancingan umum. Sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan mengetahui kegiatan UPTD Balai Benih Ikan Kabupaten Tegal yang memiliki suasana baru.

Terobosan dan pengembangan yang dilakukannya membuat Bupati Tegal Drs. Hj. Umi Azizah pada hari minggu (19/07/2020) melakukan kegiatan kunjungan kerja dalam rangka gugus penerapan tatanan baru serta supporting terhadap optimasilasai UPTD Balai Benih Ikan (BBI). Bupati Tegal bersama rombongan yang terdiri dari Sekda dan para Kepala OPD diterima DKPP didampingi Camat setempat, pada kesempatan tersebut Bupati antusias berkeliling BBI melihat perkembangan di masa pandemi ini yang cukup pesat penuh semangat produktif aman dan sehat. Beliau berkenan memancing ikan dan antusias sekali, sampai strike 3 kali dengan hasil pancingan pertama ikan nila, kedua ikan mas dan ketiga ikan nila lagi dengan ukuran yang cukup besar.

Selain memancing Bupati panen kangkung darat yang tumbuh subur dan ditanam disekeliling BBI bersama ibu-ibu Kepala OPD didampingi Pak Sekda. Selain itu Bupati melepas ikan bawal seberat 3,5 Kg ke kolam pemancingan umum yang berada dilingkungan BBI sebagai hadiah bagi pemancing yang berhasil mendapatkan ikan tersebut dengan syarat dan ketentuan yang berlaku nantinya akan mendapatkan pengganti uang sebesar Rp. 500.000,-

Di masa pandemi ini BBI terus melakukan pengembangan kegiatan yang produktif dan kreatif, selain memproduksi benih ikan ikan lele, ikan nila, ikan mas, dan ikan koi juga bercocok tanam sayur-sayuran baik ditanah maupun sistem hidroponik di lingkungan Balai Benih Ikan (BBI). Kepala UPTD BBI Dukuhjati Kidul, Mardi Hartanto, S.ST, M.M menyampaikan BBI memiliki rencana pengembangan Agrowisata berbasis perikanan air tawar supaya BBI bisa menjadi maju dan menjadi kebanggaan Kabupaten Tegal di masa mendatang.

BACA JUGA:  Hadiri G7 Environmental Ministerial Meeting, Indonesia Tekankan Pentingnya Perlindungan Terumbu Karang

Rencana pengembangan Balai Benih Ikan didukung Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal, Ir. Khofifah, M.M. Beliau mengamini harapan tersebut dapat terwujud serta mendapat support anggaran untuk menunjang kebutuhan sarana dan prasarana BBI. Melihat perkembangan yang pesat di lokasi langsung saat kunjungan ke BBI dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes, M.M selaku Sekertaris Daerah Kabupaten Tegal dan sekaligus ketua TAPD mengapresiasi kinerja DKPP dan rencana kedepan akan mensupport lewat APBD II yang akan dikembangkan lebih baik lagi dengan konsep taman-taman dan agriwisata bidang perikanan disamping tetap mempertahankan konsep utama sebagai penyediaan benih, sehingga BBI menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Tegal di bidang perikanan air tawar dapat terwujud. – Adi Sucipto

Scroll to Top