Peringatan Hari Nusantara, Hari Ikan Nasional dan Hari Armada

Slawi – Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tegal menyambut hari Nusantara ke-19, hari Ikan Nasional ke-6 dan hari Armada ke-74 tahun 2019 dengan menggelar apel bersama yang dilanjutkan kegiatan penanaman cemara laut dan bersih pantai  Kamis (19/12/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Purwahamba Indah Suradadi Tegal di hadiri sekitar 230 orang yang terdiri dari unsur Lanal, Polres Tegal, Kodim 0712 Tegal, OPD terkait, Camat dan Forkompincam Kramat, Akademisi UPS,  PT Asuransi Jasindo Cabang Tegal, HNSI, SNI, KNPI, siswa-siswi sekolah SMA dan SUPM, Pramuka dan Kelompok Masyarakat Pengawas.

Komandan Lanal Tegal Letkol Marinir Ridwan Aziz dalam membacakan sambutan Bupati Tegal mengatakan bahwa Hari Nusantara diperingati setiap tanggal 13 Desember, ditetapkan pemerintah melalui Keppres No. 126/2001 dan mulai diperingati sejak tahun 1999. Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, yang dianggap sebagai deklarasi kemerdekaan Indonesia Kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Dikatakan lebih lanjut, untuk membangun kesadaran masyarakat tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan nasional, termasuk ketahanan pangan dan gizi, maka telah ditetapkan Hari Ikan Nasional (HARKANAS) berdasarkan Keputusan presiden Nomor 3 (tiga) Tahun 2014 tanggal 23 Januari 2014 yang diperingati setiap tanggal 21 November. Saat ini tingkat konsumsi makan ikan masyarakat Kabupaten Tegal masih perlu ditingkatkan yaitu 21,1 kg/kapita/th dan masih dibawah tingkat konsumsi masyarakat di Jawa Tengah yaitu 29,2 kg/kapita/th. Berkenaan dengan itu Pemeritah Kabupaten Tegal selalu menyelenggarakan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) terutama pada anak-anak sekolah dan Ibu-ibu PKK dengan tujuan membangun kesadaran gizi individu/kelompok masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan.

BACA JUGA:  Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan, Menteri Susi Resmikan Program “AISUMAKI”

Sementara Hari Armada menurutnya. ditetapkan berdasarkan SK KSAL No. A. 4/2/10 tanggal 14 September 1959. Untuk menandai berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata. Selanjutnya setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada.

Permasalahan yang kini dihadapi sumberdaya kelautan dan perikanan adalah terjadinya kerusakan pantai karena abrasi. Sesuai dengan kewenangannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal tahun ini akan melakukan penanaman tanaman asosiasi mangrove yaitu cemara laut sebanyak 16 ribu batang di pesisir Kabupaten Tegal melalui kegiatan Rehabilitasi dan Pengembangan Ekosistem Mangrove. Kami mengajak pada semua pemangku kepentingan di sektor kelautan dan perikanan untuk bersama-sama bahu membahu dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya kelautan dan perikanan yang   ada secara berkelanjutan agar pembangunan kelautan dan perikanan dapat  berkembang maju namun tetap lestari.

Selain Gerakan Bersih Pantai dan Penanaman Cemara Laut juga dimeriahkan dengan fun game lomba tangkap belut dan lele yang diikuti oleh perwakilan instans

Scroll to Top