DKPP GELAR VAKSINASI RABIES MASSAL DI POSKESWAN LEBAKSIU

Slawi, dalam rangka memperingati “World Rabies Day 2021” Poskeswan Lebaksiu Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI Jateng VI) mengadakan kegiatan “Vaksinasi Rabies Massal” pada Rabu, 6 Oktober 2021. Tujuan dilaksanakan kegiatan vaksinasi rabies massal untuk menjadikan dunia bebas dari penyakit rabies tahun 2030. Rabies merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang dapat menular dari hewan ke manusia. Sekitar 95% kasus rabies pada manusia disebabkan oleh anjing dan 40% kasus terjadi pada anak-anak. Pelaksanaan World Rabies day dilakukan dengan sosialisasi kepada masyarakat dan vaksinasi rabies pada hewan pembawa rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan kera.

Kegiatan vaksinasi rabies massal dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 21 September 2021 bertempat di Poskeswan Lebaksiu dengan jumlah 22 ekor kucing yang lolos screening untuk divaksin rabies. Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober dengan target anjing-anjing rumahan di sekitar kecamatan Slawi dan Pangkah yang berjumlah 8 ekor anjing yang lolos screening untuk divaksin. Tahap ketiga dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2021 dengan target pada anjing pemburu di desa Wanasari, Kecamatan Margasari sebanyak 15 ekor anjing pemburu.

Program vaksinasi rabies massal mendapat antusiasme yang luar biasa dari para pecinta hewan kesayangan di Kabupaten Tegal dan berharap agar diadakan lagi program vaksinasi rabies tahun depan dengan dosis yang lebih banyak karena masih ada yang belum mendapat kuota akibat keterbatasan jumlah dosis vaksin rabies yang tersedia.- drh. Kristiana Dewi S. M

BACA JUGA:  Rapat Awal Tahun Percepatan Pelaksanaan Anggaran TA. 2020
Scroll to Top